Thursday, July 6, 2017

PORT FORWARDING MIKROTIK

Bagi temen-temen yang sudah sering bergelut di bidang IT lebih spesifik ke jaringan komputer maka Port Forwarding sudah menjadi hal yang biasa, tujuannya adalah agar kita dapat mengakses perangkat yang berada di dalam network dari luar network atau internet padahal IP Public hanya ada satu atau terbatas.

Port forwarding sering digunakan untuk CCTV agar dapat diakses dari internet, pada kesempatan kali ini saya akan mencontohkan melakukan port forwarding pada mikrotik menggunakan winbox dengan persepsi settingan standart mikrotik sudah dilakukan dan IP Public terpasang pada mikrotik.




  1. Klik IP - Firewall - NAT
  2. Klik Add / Tambah dan masukkan settingan seperti berikut tab General, isikan Chain dengan dstnat, masukkan IP Public pada Dst. Address, Pilih protocol tcp dan isikan Port sewaktu mengakses dari internet :
    Port Forward Mikrotik NAT
  3. Setelah itu pindah ke tab Action, pilih dst-nat pada Action dan masukkan alamat IP Address local DVR CCTV ke To Addresses dan masukkan port DVR pada bagian To Ports.
    Port Forwarding Mikrotik Untuk CCTV
  4. Klik OK dan silahkan lakukan pengujian.

Sekian cara melakukan port forwarding pada mikrotik, yang pada contoh kali ini saya mencoba melakukan port forwarding mikrotik untuk CCTV agar dapat diakses dari luar jaringan / dari internet.

0 komentar:

Post a Comment