Saturday, February 12, 2011

VLAN (Virtual LAN)

Salah satu masalah yang dihadapi oleh LAN (tradisional) adalah tidak adanya mekanisme "pengaturan" yang fleksibel. Administrator akan cukup sulit mengelompokkan masing-masing host berdasarkan kategori tertentu. Seperti mengelompokkan beberapa host berdasarkan kelompok kerja, berdasarkan departement, aplikasi atau servis yang disediakan, dan sebagainya.

Apalagi jika ukuran LAN sudah cukup besar, misalkan sebesar kampus atau lebih besar lagi. Di mana masing-masinghost berada di tempat yang cukup jauh. Akan sangant sulit membuat kelompok berdasarkan kategori tertentu jika lokasi host terpencar-pencar atau berjauhan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat membuat VLAN atau Virtual LAN. VLAN dapat mengatasi beberapa kesulitan yang tidak dapat diselesaikan oleh LAN tradisional. Sebagai contoh, kita dapat mengelompokkan beberapa host yang berada pada empat gedung yang berbeda menjadi satu kelompok, misal kelompok dosen dan kelompok mahasiswa, dan lain-lain.

Selain itu, VLAN juga dapat digunakan untuk meningkatkan security dan mampu memecah sebuah broadcast domain (yang besar) menjadi beberapa buah broadcast domain (yang lebih kecil). Hal ini akan meningkatkan performa network.

0 komentar:

Post a Comment