Saturday, February 12, 2011

Bridge


Bridge atau kadangkala disebut transparent bridge merupakan perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN (Local Area Network) atau membagi sebuah LAN menjadi dua buah segmen. Tujuannya adalah untuk mengurangi traffic sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan performa network.


Bridge dapat mengetahui apakah informasi (yang disebut frame) ditujukan untuk host yang satu segmen atau berbeda segmen. Jika frame ditujukan kepada host yang satu segmen maka bridge akan meneruskannya ke host tersebut dan menutup jalur ke segmen lain. Sebaliknya jika frame ditujukan untuk host pada segmen yang berbeda maka bridge akan meneruskannya ke segmen tujuan.


Seringkali orang bingung membedakan router dengan bridge. Sepintas lalu keduanya tampak sama dan dapat menghubungkan dua buah LAN. Namun sesungguhnya cara kerja dan fungsi utama kedua perangkat tersebut berbeda.


Pada bridge tidak dikenal istilah subnet. Semua segmen yang dihubungkan oleh bridge akan dipandang sebagai sebuah subnet. Bridge juga tidak dapat membedakan network protocol address. Jadi, apa pun protokol yang digunakan akan dapat diloloskan oleh bridge. Bridge tidak dapat mengenali alamat logika (seperti IP address). Bridge hanya mengenali alamat fisik host yang disebut MAC address (Media Access Control) atau hardware address. Contoh MAC address yaitu 00:16:d4:c9:e8:48


Setiap host menggunakan NIC (Network Interface Card) yang memiliki alamat hardware atau MAC address. MAC address bersifat unik, artinya setiap hardware akan menggunakan alamat yang terhubung dengannya, sehingga dapat mengetahui host mana yang satu segmen dan mana yang berbeda segmen. Pelu diingat bahwa jika kita ingin menghubungkan banyak segmen maka kita harus menggunakan multiport bridge (switch).


Sebuah router dapat bekerja dengan baik pada network dengan beban traffic yang tinggi. Sedangkan bridge kurang cocok digunakan pada network yang beban traffic-nya terlalu tinggi. Jika traffic terlalu "tinggi" maka bridge malah akan menyebabkan "bottle neck" dan mempengaruhi performa network.

0 komentar:

Post a Comment