Wednesday, June 21, 2017

Monitoring Traffic Interface Router Cisco

Sebagai admin jaringan tentu kita membutuhkan untuk memonitoring traffic yang terjadi pada jaringan kita, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara melihat atau melakukan monitoring terhadap setiap interface dari Router Cisco kita, kalau kita menggunakan router mikrotik fitur ini disebut Torch. Berikut step dan juga capture untuk mempermudah dalam memahami panduan ini :

  1. Masuk ke mode root dari cisco anda.
  2. Untuk step awal, tentukan interface mana saja yang akan dimonitoring. Pada contoh kali ini saya akan melakukan monitoring terhadap interface VLAN1 dan FastEhternet0.
  3. Mulai masuk ke bagian interface yang sudah ditentukan kemudian ketikkan perintah :
    #ip flow ingress
    #ip flow egress
  4. Keluar dari interface, namun tetap masuk pada bagian configure-terminal dan ketikkan command berikut untuk membantu filter, pada contoh kali ini saya akan menampilkan 15 pengguna traffice tertinggi dan dilakukan sorting berdasarkan besar traffic pada setiap interface :
    #ip flow-top-talkers
    #top 15
    #sort-by bytes
  5. Setelah semua interface yang ingin di monitoring sudah ditambahkan command di atas, save konfigurasi dengan cara :
    #copy running-config to startup-config
  6. Pastikan konfigurasi tersimpan dengan cara restart router, dan pastikan perintah pada nomor 3 sudah masuk pada bagian startup-config, cara melakukan pengecekan dengan perintah :
    #show running-config
  7. Jika konfigurasi point nomor 3 berhasil dan tersimpan maka akan terlihat seperti berikut pada running-config :
  8. Dan jika konfigurasi nomor 4 berhasil maka pada running-config juga akan ditemui :
  9. Apabila semua konfigurasi sudah berhasil, selanjutnya setiap kita akan melakukan pengecekan terhadap salah satu interface router hanya perlu mengetikkan perintah seperti di bawah pada posisi configure-terminal:
    #show ip flow top-talkers

Sekian cara untuk melakukan monitoring traffic pada setiap interface dari router cisco, Tujuannya adalah agar kita dapat mengetahui traffic mana yang memberikan beban ke jaringan kita sehingga tau apa yang harus kita lakukan.

0 komentar:

Post a Comment