Wednesday, June 28, 2017

KONFIGURASI VPN MIKROTIK

Salah satu fitur yang sudah disediakan mikrotik adalah untuk membuat VPN (Virtual Private Network), namun mungkin tidak semua dari kita memahami akan fungsi dari VPN ini sendiri. Contoh simpel dari fungsi VPN yang sering digunakan oleh kantor adalah agar kita dapat mengakses network atau jaringan kantor ketika kita berada di luar kantor dengan menggunakan bantuan internet, sehingga kita dapat mengakses data - data yang ada di server kantor tanpa perlu harus datang, atau kalau untuk IT lebih sering digunakan untuk mengakses server yang tidak memiliki akses secara public.
Berikut kita akan mencoba membuat VPN pada mikrotik sehingga network atau jaringan bisa diakses dari luar atau dari internet. Step by step untuk melakukan konfigurasi VPN sebagai berikut :

  1. Agar user yang terkoneksi ke VPN mendapatkan alamat IP yang sesuai maka kita perlu membuat Pool pada mikrotik. Masuk menu IP - Pool - Klik + untuk menambahkan Pool dan isikan seperti berikut kemudian klik OK.

  2. Setelah Pool dibuat kemudian kita perlu melakukan setting pada PPP, buka menu PPP - Profiles - Klik + untuk menambahkan Profiles dan isika seperti berikut kemudian klik OK



  3. Selanjutnya masuk ke PPP - Secrets - Klik + untuk menambahkan, dan isikan username dan password yang akan digunakan ketika melakukan dial ke VPN dan masukkan Profiles yang tadi kita buat seperti berikut dan klik OK

Untuk melakukan uji coba mengakses VPN silahkan anda menggunakan network diluar jaringnan mikrotik yang anda setting tadi, kemudian coba create atau buat koneksi VPN dengan dial ke IP public dan masukkan username password sesuai settingan anda, apabila terkoneksi dan dapat mengakses data di network / jaringan mikrotik maka konfigurasi telah sukses.


0 komentar:

Post a Comment