Friday, August 4, 2017

Membuat Inquiries Sederhana Microsoft Dynamic AX 2012 (AXAPTA)

Pada Tutorial ini saya akan membahas dasar untuk membuat sebuah inquiries sederhana pada Microsoft Dynamic AX yang ditujukan untuk memudahkan user dalam mengakses data. Tentunya apabila inquiries sudah kita optimalkan dan juga filternya sudah berjalan semua namun pada tutorial kali ini akan saya mulai dengan hanya membuat inquiries paling sederhana yaitu menampilkan isi dari sebuah tabel, contohnya tabel PurchTable.
  1. Buka Ms Dynamic AX dan masuk mode Development dengan menekan tombol CTRL + D.
  2. Buat Project baru dengan cara buka menu Project, kemudian pada folder shared klik kanan New dan isikan nama Project, kali ini saya menggunakan nama SAN_LatihanLukman.
  3. Setelah Project terbuat, buat form dengan cara klik kanan pada nama Project pilih New kemudian Form, maka akan seperti gambar di bawah ini :
  4. Secara default setelah form terbentuk akan ada Methods, Data Sources, Parts, Designs, Permisssions. Untuk langkah awal klik kanan pada Data Sources kemudian pilih New Data Source dan seperti biasanya berikan nama untuk Data Source Baru atau pada contoh ini saya biarkan dengan nama default DataSource 1.
  5. Klik kiri pada DataSource 1 dan lihat pada windows sebelah kanan, kemudian pada Table pilih PurchTable (pilih tabel yang akan digunakan sebagai source).
  6. Setalah DataSource siap, kita akan mulai mengatur tampilan darin inquiries yaitu pada bagian Designs pada Form. Klik tombol + pada Designs.
  7. Akan ada 2 item pada Designs yaitu Design dan Design List, gunakan design untuk memulai membuat interface sedangkan design list akan memunculkan detail item apa saja yang kita gunakan pada interface.
  8. Klik kanan pada Designs kemudian New Control pilih Grid (disini grid kita gunakan untuk menampilkan data).
  9. Untuk memaksimalkan Grid agar bisa full screen klik pada Grid, pada windows kanan bagian Width ubah dari auto menjadi Column width, Height ubah dari auto menjadi Column Height dan pada Allow Edit ubah dari Yes menjadi No (agar inquiries datanya tidak dapat diubah user karena tujuannya hanya ditampilkan).
  10. Setelah grid terbentuk kita akan memastikan field mana saja akan kita tampilkan pada grid dari tabel PurchTable, buat satu persatu field dengan cara klik kanan New Control dan pilih sesuai dengan tipe data dari field tersebut, misal PurchName menggunakan StringEdit, AccountingDate menggunakan DateEdit.
  11. Pada contoh simple kali ini kita akam membuat field PurchID, PurchName, AccountingDate dan InvoiceAccount (apabila ingin lebih silahkan anda tambahkan sendiri). Setelah dibuat masing-masing tipe data perlu dicocokan dengan data pada tabel dengan cara klik salah satu control baru dari grid misal PurchID kemudian pada windows sebelah kanan cari bagian DataSource ubah dari kosong menjadi sesuai datasource kalian misal DataSource 1, DataField ubah dari kosong menjadi sesuai dengan field yang diinginkan misal PurchID.
  12. Lakukan hal yang sama pada setiap control baru yang dibuat dari data Grid.
  13. Setelah itu coba buka form untuk memastikan apa sudah berjalan untuk inquiries ini, dengan cara klik kiri pada form kemudian pilih Open
  14. Apabila sudah sesuai harusnya akan muncul tampilan seperti di bawah
Sekian tutorial dasar pembuatan Inquiries pada Microsoft Dynamic AX 2012 (AXAPTA), untuk filter data dan menggunakan lebih dari 1 datasource akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment