Friday, October 20, 2017

Class Diagram

Class adalah kumpulan objek-objek  yang mempunyai struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic/kata yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Nama dari sebuah class menggunakan kata benda sesuai dengan domain/bagian/kelompoknya.

Class diagram adalah model statis yang menggambarkan struktur dan deskripsi class serta hubungannya antara class. Class diagram mirip ER-Diagram pada perancangan database, bedanya pada ER-diagram tidak terdapat operasi/metode tapi hanya atribut. Class terdiri dari nama kelas, atribut dan operasi/methode. Kelas memiliki 3 bagian utama yaitu attribute, operation, dan name. Kelas-kelas yang ada pada struktur sistem harus dapat melakukan fungsi-fungsi sesuai dengan kebutuhan sistem. Sususan struktur kelas yang baik pada class diagram sebaiknya memiliki jenis-jenis kelas berikut :
  • Class Main. Yaitu kelas yang memiliki fungsi awal dieksekusi ketika sistem dijalankan.
  • Class Interface. Kelas yang mendefinisikan dan mengatur tampilan ke pemakai. Biasanya juga disebut kelas boundaries.
  • Class yang diambil dari pendefinisian usecase. Merupakan kelas yang menangani fungsi-fungsi yang harus ada dan diambil dari pendefinisian usecase.
  • Class Entitas, merupakan kelas yang digunakan untuk memegang atau membungkus data menjadi sebuah kesatuan yang diambil maupun akan disimpan ke basis data.
Contoh Class Diagram :
Hasil gambar untuk contoh class diagram

Elemen-Elemen Class Diagram
Digambarkan dengan bujur sangkar yang memiliki tiga ruangan yaitu:
  1. Nama (dan stereotype)
  2. Atribut
  3. Method/Operation


 Jenis-Jenis Class
  1.  Entity Class
    Segala sesuatu (concrete, conceptual, event, and state) dapat dijadikan entity dalam Class.
  2. Control Class
    Control Class merupakan suatu class yang difungsikan untuk mengatur Entity Class dan Interfaces Class.
  3.  Boundary / Interfaces Class
    Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yang hanya memiliki method. Interface tidak dapat langsung diinstansiasi, tetapi harus diimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface pendukung resolusi method pada saat run-time.
     
     
     
 

0 komentar:

Post a Comment