Saturday, December 11, 2010

NETWORK CABLES

LAN Cable



kabel adalah media transmisi yang menghubungkan perangkat Ethernet dalam perangkat jaringan komputer. sebelum membuat desain jaringan akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kabel LAN. Dengan membuat desain jaringan yang baik, maka jaringan akan dapat diandalkan dan mudah dalam maintenence.

Berikut adalah jenis kabel LAN yang umum digunakan dalam jaringan:

  1. UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded twisted pair)

    Kabel Lan ini paling sering digunakan, terdiri dari 4 pasang kawat dibungkus di sekitar satu sama lain dengan standar kode warna khusus dan terbungkus dengan plastik. Panjang maksimum setiap segmen kabel lan UTP hanya 100 meter, jika lebih dari 100 meter maka anda tidak dapat menjamin tingginya tingkat atenuasi. Kecepatan yang bisa dicapai adalah sampai dengan 1 Gigabit.
  2. FIBER OPTIC


    Fiber Optik / Serat Optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan mempunyai diameter seperti rambut manusia. kabel optik dapat digunakan untuk mengirimkan data digital dalam bentuk cahaya dalam jarak yang sangat jauh. Jadi kecepatannya melebihi dari kabel UTP.

  3. Tipe dari Fiber Optik :
    • Single-mode fibers Mempunyai inti yang kecil (diameter 0,00035 inci atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer).

    • Multi-mode fibers Mempunyai inti yang lebih besar (diameter 62,5 mikron atau 0,0025inci) dan fungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300nanometer).

0 komentar:

Post a Comment