Wednesday, February 2, 2011

Perintah Dasar Linux


ls
Menampilkan isi dari suatu direktori. Perintah ini bisa berdiri sendiri ataupun dijalankan dengan argument.

dir
Memiliki fungsi yang sama dengan perintah ls, yaitu menampilkan is direktori. Anda bisa membuka manual dari perintah dir. Pemberian option dan argument sama dengan perintah ls.

pwd (print working direktory)
Menampilkan direktori yang sedang aktif (curent directory). Perintah ini tidak mempunyai option dan argumen.

whatis
Perintah ini menampilkan informasi singkat mengenai suatu perintah.

info
Selain mencari bantuan dari man, perintah info juga bisa digunakan untuk membaca dokumentasi dari suatu perintah. Tetapi tidak semua distro Linux menyediakan fungsi info ini.

apropos

man, info dan whatis bisa membantu anda, asalkan anda mengetahui nama perintah yang ingin anda cari dokumentasinya. Sekarang kalau anda tidak mengetahui dengan pasti nama perintahnya bagaimana? Inilah saatnya perintah apropos bisa membantu anda.

rmdir
Perintah untuk menghapus direktori kosong.

man
Perintah dapat menampilkan manual mengenai sebuah perintah jika kita ingin mengetahui fungsi sebuah perintah, lengkap yang terdiri dari
NAME, yang berisi nama perintah dan keterangan singkat fungsi dari perintah. SYNOPSIS, DESCRIPTION, EXAMPLE, OPTION dsb.

--help

Bantuan yang satu ini berupa option yang bisa kita tambahkan ke perintah dasar yang kita inginkan. Penambahan option ini bertujuan untuk menampilkan informasi singkat mengenai perintah tersebut.


_________________________________________________________________________

Perintah Dasar yang Berhubungan dengan Manajemen File

touch
Perintah untuk mengganti waktu pembuatan suatu file. Tetapi bila file yang anda ketikkan belum ada maka secara otomatis file tersebut akan dibuat. Anda bisa menentukan tipe file yang anda inginkan. Tetapi file yang dibuat dengan perintah ini adalah file kosong (tidak ada isinya).

cat
Perintah cat, digunakan untuk menampilkan isi file. Biasanya file yang ditampilkan dengan perintah ini adalah file yang bertipe teks. Dan yang pasti bukan file kosong.

more
Perintah ini bisa digunakan untuk menampilkan isi file teks dengan tampilan perlayar. Anda akan membutuhkan perintah ini saat anda membaca file yang panjang. Untuk menampilkan layar selanjutnya gunakan tombol spasi. Tetapi dengan more anda tidak bisa melihat tampilan di layar yang terdahulu.

less
Memiliki fungsi yang sama dengan more, tetapi anda bisa menampilkan tampilan layar terdahulu dengan menggunakan tombol panah atas atau Page Up.

cp
Berfungsi untuk mengcopy atau menduplikat file dan direktori.

mv
Perintah untuk memindahkan file dan direktori. Perintah ini juga bisa digunakan untuk merename (mengganti) nama file atau direktori.

rm
Untuk menghapus (remove) file atau direktori.

find
Mencari suatu file dalam direktori tertentu. Anda bisa melakukan pencarian berdasarkan nama, ukuran, waktu pembuatan file dsb. dengan memberikan option yang anda inginkan.

which
Menampilkan lokasi perintah dasar yang anda cari. Perintah ini juga bisa digunakan untuk mencari file program yang bisa dieksekusi.

whereis
Hampir sama dengan which, menampilkan lokasi perintah dasar, tetapi dengan whereis lokasi file binary, source dan manual juga ditampilkan.

tar
Untuk mengextract (memekarkan) file yang di kompres dengan menggunakan perintah teks di linux, anda bisa menggunakan perintah ini. File yang bisa diextract dengan menggunakan tar adalah file-file yang berekstensi .tar.gz atau .tar.bz2

unzip
Perintah ini digunakan untuk mengekstrak file yang di kompress yang berekstensi .zip



_________________________________________________________________________

Perintah yang berhubungan dengan Pemrosesan String
 
String adalah serangkaian karakter. Linux menyediakan beberapa
perintah yang dapat digunakan berkaitan dengan proses string, seperti
mencari karakter, pengurutan dan lainnya.

head
Perintah ini digunakan untuk menampilkan beberapa baris awal dari isi file. Misalnya ingin menampilkan 8 baris pertama saja. Secara default yang ditampilkan adalah sepuluh (10) baris awal file. Jika ingin menampilkan jumlah baris tertentu, tambahkan option -nx, dimana x adalah jumlah barisnya.

tail
Menampilkan isi akhir file. Untuk menampilkan beberapa baris terakhir dari isi file gunakan perintah tail. Secara default yang ditampilkan adalah sepuluh baris akhir file. Jika ingin menampilkan jumlah baris tertentu, tambahkan option -nx, dimana x adalah jumlah barisnya.

grep
Anda dapat mencari karakter atau kata yang diinginkan dari sebuah file yang terdiri dari banyak kalimat. Perintah yang digunakan adalah
grep. Dengan perintah ini pencarian lebih mudah dilakukan.

wc
Perintah untuk menampilkan jumlah baris, jumlah kata dan ukuran dari sebuah file.

sort
Apabila anda ingin menampilkan isi file teks secara urut. Gunakan perintah ini.


________________________________________________________________________

Perintah-perintah yang berhubungan dengan informasi system

uname
Perintah ini akan menampilkan informasi system komputer anda, antara lain tipe mesin komputer, hostname, nama dan versi sistem operasi dan tipe prosesor. Informas yang anda dapatkan sesuai dengan option yang anda berikan.

date
Perintah untuk menampilkan tanggal dan waktu system

cal
Untuk menampilkan kalender.

df
Perintah untuk menampilkan penggunaan space filesystem dari hardisk anda.

du
Perintah untuk menampilkan ukuran direktori atau file.

uptime
Untuk mengetahui informasi tentang lama sistem berjalan setelah terakhir reboot atau mati. Informasi yang diberikan adalah waktu sekarang, lama sistem telah berjalan, berapa jumlah user yang login, dan load sistem sejak 1 menit, 5 menit dan 15 menit terakhir.

hostname
Perintah untuk menampilkan nama dari komputer (hostname).

free
Perintah untuk menampilkan penggunaan memori.

ps
Perintah 'ps' merupakan akronim dari “process status”. Akan memberikan informasi status proses pada sistem kita. Menampilkan
berbagai informasi mengenai proses apa saja yang sedang aktif, siapa pemilik proses tersebut, berapa lama proses berjalan dan berapa ID atau nomor pengenal proses.

pstree
Perintah ini fungsinya sama dengan perintah ps, tetapi ditampilkan dalam bentuk pohon. Sebenarnya di Linux tidak ada proses yang berdiri sendiri.


________________________________________________________________________

Perintah dasar yang berhubungan dengan User

who
Perintah ini digunakan untuk menampilkan user yang sedang login saat ini. Informasi yang tampak adalah nama user, di terminal (pts) berapa user tersebut berada dan waktu loginnya.

whoami
Bila anda ingin menampilkan user yang sedang aktif anda bisa menggunakan perintah ini.

id
Gunakan perintah id untuk menampilkan identitas user. User yang ingin ditampilkan identitasnya adalah user yang sedang aktif (login).

tty
Jika untuk menampilkan informasi tentang user yang sedang aktif anda menggunakan whoami, untuk menampilkan nama terminal dimana
saat ini anda berada gunakan perintah tty ini. Di Linux anda bisa membuka beberapa terminal, ini disebut virtual terminal.

su atau su -
Anda dapat berpindah dari user yang sedang aktif menjadi user lain tanpa harus melakukan logout. Gunakan perintah su

adduser atau useradd
Untuk membuat user baru digunakan perintah adduser atau useradd. Perintah ini harus dijalankan melalui user root. Login atau
bergantilah dari user biasa ke user root.

visudo dan sudo
User biasa dapat menggunakan hak root sehingga dapat menjalankan perintah-perintah milik root. Untuk menggunakan hak root,
digunakan perintah sudo. Tetapi sebelum menggunakan perintah sudo, user tersebut sudah harus masuk dalam daftar pengguna sudo. Untuk memasukkan user kedalam daftar, gunakan perintah visudo (ingat untuk bisa melakukan perintah visudo anda harus memiliki hak akses root ).

passwd

Setelah membuat user baru dengan perintah useradd, kita perlu membuatkan password. Gunakan perintah passwd. Perintah ini juga digunakan jika Anda ingin mengganti password yang sudah ada. Untuk mengganti password user lain, gunakan user root. Jika user ingin mengganti password nya sendiri, tidak diperlukan user root.

userdel
User yang sudah dibuat juga dapat dihapus. Gunakan perintah userdel untuk menghapus user.

groupadd
Perintah ini digunakan untuk membuat group. Group yang dimaksud disini adalah sekelompok user yang saling bergabung dan mempunyai
ketentuan tersendiri di kelompoknya.

groupdel
Group yang ada juga dapat dihapus. Gunakan perintah groupdel



Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar...

1 komentar:

  1. makasih banget! lagi cari buat tugas nih!

    ReplyDelete